Home » » Pengertian Penyakit Hipertensi ( Tekanan Darah Tinggi )

Pengertian Penyakit Hipertensi ( Tekanan Darah Tinggi )

Tekanan darah adalah suatu tenaga yang digunakan atau dipakai oleh darah yang dipompakan dari jantung ke seluruh jaringan tubuh melalui pembuluh darah. Tekanan darah ini sifatnya tidak tatap. Tekanan darah akan berubah-ubah sesuai dengan aktivitas tubuh maupun keadaan psikologis seseorang, pada saat aktivitas meningkat atau dalam suasana stres tekanan darah akan meningkat, sebaliknya dalam suasana istirahat, santai atau rileks, tekanan darah akan menurun. Sebagai contoh pada malam hari tekanan darah cenderung turun, sedangkan di sepanjang siang hari akan naik. Bila tekanan darah selalu tinggi dalam situasi apa pun dalam waktu lama, seseorang dapat dikatakan menderita tekanan darah tinggi.

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah suatu keadaan di mana seseorang mengalami peningkatan tekanan darah di atas normal dalam jangka waktu lama. Indikatornya adalah bila diperiksa dengan tensi meter, angka tekanan darah menunjukkan di atas 140/80 mmHg. Angka 140 menunjukkan angka Sistolik, artinya tekanan darah pada saat jantung memompa darah ke dalam pembuluh nadi (saat jantung mengkerut), sedangkan angka 80 menunjukkan angka Diastolik, artinya tekanan darah pada saat jantung mengembang dan menyedot darah kembali (pembuluh nadi mengempis kosong).

Pengertian Penyakit Hipertensi ( Tekanan Darah Tinggi )


Meningkatnya tekanan darah bisa disebabkan adanya gangguan fungsi jantung sebagai alat pemompa darah atau pada arteri, yaitu pembuluh darah yang mengalirkan darah dari jantung ke seluruh jaringan tubuh. Jika jantung memompa dengan sangat kuat sehingga mengakibatkan derasnya arus darah yang mengalir ke setiap jaringan, dan ujung-ujungnya tekanan darah menjadi kuat. Atau arteri sebagai pembuluh kehilangan kelenturannya dan menjadi kaku sehingga tak dapat mengembang ketika jantung memompa darah melalui arteri, darah dipaksa melalui pembuluh yang sempit, mengakibatkan naiknya tekanan, terutama pada usia lanjut, penebalan atau pengerutan arteri sering terjadi.

Sejalan dengan bertambahnya usia, hampir setiap orang mengalami kenaikan tekanan darah. Tekanan sistolik terus meningkat sampai usia 80 tahun dan tekanan diastolik terus meningkat sampai usia 55-60 tahun, kemudian berkurang secara perlahan atau bahkan menurun drastis.

Klasifikasi Tekanan Darah pada Orang Dewasa, menurut ISH/WHO dan JNC Report 3003

Kategori Sistolik (mmHg) Diastolik (mmHg)
Normal <130 <90
Hipertensi Ringan 140-159 90-99
Hipertensi Sedang 160-179 100-109
Hipertensi Berat 180-209 110-119
Hipertensi Maligna >210 >120
Keterangan: Hipertensi Maligna = sangat berat

0 komentar:

Posting Komentar