Home » » Penyebab Penyakit Hipertensi

Penyebab Penyakit Hipertensi


Penyebab Penyakit Hipertensi
Penyebab penyakit hipertensi merupakan hubungan yang saling terkait dari bermacam-macam faktor. Masing-masing faktor tersebut tidak sama kuat untuk dapat menimbulkan hipertensi pada individu tertentu. Faktor-faktor risiko tersebut adalah:

Kegemukan (Obsesitas)
Merupakan ciri khas penderita hipertensi. Walaupun belum diketahui secara pasti hubungan antara hipertensi dengan kegemukan, namun terbukti bahwa daya pompa jantung dan sirkulasi volume darah penderita obesitas dengan hipertensi lebih tinggi daripada dengan berat badan normal. Memang tidak semua penderita hipertensi berbadan gemuk, orang kurus pun lidak tertutup kemungkinan terserang hipertensi. Kenyataannya adalah obesitas peluang terkena hipertensi lebih besar.

Stress
Diduga melalui aktivitas saraf simpatis (saraf yang bekerja pada saat kita beraktivitas). Peningkatan aktivitas saraf simpatis mengakibatkan meningkatnya tekanan darah secara tidak menentu.

Faktor Keturunan (Genetik)
Seseorang yang memiliki riwayat keturunan penderita hipertensi memiliki peluang lebih besar terkena hipertensi daripada orang yang tidak memiliki riwayat keturunan. Gen yang dibawa dari riwayat keturunan sedarah sangat besar pengaruhnya terhadap penyakit ini, meskipun penyakit hipertensi tidak identik penyakit keturunan.

Jenis Kelamin (Gender)
Berdasarkan data record hasil penelitian, ternyata pria berpeluang menderita hipertensi lebih besar daripada wanita. Kaitannya dengan masalah gender ini lebih dipengaruhi oleh masalah psikologis.

Usia (Umur)
Sering disebut bahwa hipertensi salah satu penyakit degeneratif, yaitu penyakit karena usia. Semakin bertambahnya usia akan semakin menurun produktivitas organ tubuh seseorang.

Asupan Garam
Konsumsi garam (NaCl) yang berlebih dapat menahan air (retensi) sehingga meningkatkan jumlah volume darah, akibat-nya jantung harus bekerja keras dan tekanan darah menjadi naik. (Vitahealth)

Makanan dan Gaya Hidup
Tekanan darah tinggi erat kaitannya dengan gaya hidup dan makanan. Sebagian faktor gaya hidup yang menyebabkan hipertensi, antara lain konsumsi kopi berlebihan, minum alkohol, kurang olahraga, stres, dan merokok. Faktor makanan mencakup: kegemukan, konsumsi rendah serat, konsumsi garam yang berlebih, tingginya asupan lemak.

0 komentar:

Posting Komentar