Home » » Pengaruh Penyakit Hipertensi

Pengaruh Penyakit Hipertensi


Pengaruh Penyakit Hipertensi dapat mengakibatkan kerusakan berbagai organ target, seperti otak, jantung, ginjal, pembuluh darah perifer, dan mata. Beberapa penelitian secara cross sectional membuktikan bahwa kerusakan organ target lebih erat hubungannya dengan hasil pengukuran tekanan darah selama 24 jam atau Ambulatory Blood Preasure (ABP) daripada tekanan darah sesaat di klinik.

Stroke
Tekanan darah yang terus-menerus tinggi menyebabkan kerusakan pada dinding pembuluh darah. Hal ini memicu pembentukan plak aierosklerosis dan trombosis (pembekuan darah yang berlebihan). Akibatnya, pembuluh darah tersumbat dan jika penyumbatan terjadi pada pembuluh darah otak dapat menyebabkan stroke.

Jantung
Selain pada otak, penyumbatan pembuluh darah dapat terjadi pada pembuluh koroner dan dapat menyebabkan penyakit jantung koroner, dan kerusakan otot jantung.

Ginjal
Hipertensi dapat menyebabkan pembuluh darah pada ginjal mengerut sehingga aliran nutrisi ke ginjal terganggu dan mengakibatkan kerusakan sel-sel ginjal yang pada akhirnya terjadi gangguan fungsi ginjal. Apabila tidak segera diatasi, dapat menyebabkan gagal ginjal kronik.

0 komentar:

Posting Komentar