Home » » Pengaturan Menu Makanan Penyakit Hipertensi

Pengaturan Menu Makanan Penyakit Hipertensi

Pengaturan Menu Makanan Penyakit Hipertensi
Pengaturan menu makanan penyakit hipertensi sangat penting bagi penderita hipertensi maupun upaya pencegahan bagi seseorang yang keadaan tekanan darahnya normal.

Makanan Nabati
Perlu meningkatkan jumlah makanan nabati. Orang-orang vegetarian, menurut penelitian peluang menderita hipertensi lebih kecil dibanding orang-orang yang bukan vegetarian.

Seledri dan Wortel
Makanan wajib yang perlu dikonsumsi penderita hipertensi adalah daun seledri, wortel, bawang putih, dan kacang-kacangan. Bahan-bahan tersebut telah banyak terbukti mampu menurunkan tekanan darah.

Vitanin C
Penderita hipertensi disarankan cukup mengonsumsi vitamin C, terutama vitamin C alami, buah-buahan dan sayuran. Jika dalam keadaan tidak memungkinkan, dapat dibantu dengan suplemen vitamin C, setidak-tidaknya 500-1.000 mg setiap hari. Semakin tinggi asupan vitamin C, semakin rendah tekanan darahnya.

Vitamin B6
Vitamin B6, sangat dianjurkan bagi orang yang tekanan darahnya tinggi. Vitamin B6 bekerja menstimulasi sistem saraf yang akan memengaruhi tekanan darah.

Potasium
Makanlah makanan yang banyak mengandung potasium. Potasium atau kalium merupakan unsur esensial bagi makhluk hidup. Jenis makanan yang kandungan potassiumnya tinggi, seperti: alpukat, kentang, tomat mentah, buah pisang, ikan salmon, kacang-kacangan. Potasium membantu menjaga: keseimbangan dan distribusi air, tekanan darah, keseimbangan asam-basa, fungsi otot dan sel saraf, fungsi jantung, fungsi ginjal, dan adrenal.

Magnesium
Konsumsi makanan yang mengandung magnesium atau suplemennya, 800 miligram per hari. Ini akan membantu mengendalikan tekanan darah, yaitu kacang tanah, bayam, makanan laut.

Multivitamin
Multivitamin dan mineral juga membantu menurunkan tekanan darah dan pengaruh yang paling kentara adalah menjaga agar tubuh.

Omega-3
Penderita hipertensi juga dianjurkan mengonsumsi minyak yang mengandung Omega-3, ini dapat membantu menurunkan tekanan darah, minyak Omega-3 terdapat pada minyak ikan atau minyak biji rami, setiap hari cukup 1 sendok makan.

Kalsium
Konsumsi makanan yang mengandung kalsium yang cukup. Kalsium bermanfaat untuk membantu menurunkan tekanan darah. Sumber makanan yang banyak mengandung kalsium adalah kedelai, tempe, tahu, kacang hijau, susu kedelai, sayur-sayuran hijau.

Fenilpropanolamin
Hindari atau kurangi pemakaian obat-obat penurun demam yang mengandung fenilpropanolamin yang dijual bebas. Obat ini bisa menaikkan tekanan darah. Lakukan konsultasi dengan dokter Anda. Hindari atau kurangi pemakaian obat-obat penurun demam yang mengandung fenilpropanolamin yang dijual bebas. Obat ini bisa menaikkan tekanan darah. Lakukan konsultasi dengan dokter Anda.

0 komentar:

Posting Komentar