Home » » Tanaman Obat Seledri

Tanaman Obat Seledri

Tanaman Obat Seledri lebih dikenal sebagi bahan sayuran, tetapi juga berkhasiat obat. Banyak ditanam di sawah atau ladang, menyukai tempat lembab, udara sejuk. Batangnya persegi, beruas, memiliki percabangan cukup banyak, tinggi mencapai 50 cm. Daun berpangkal pada batang dekat tanah, memiliki aroma khas, berbentuk lekuk tangan. Bunga majemuk berbentuk payung, kecil, putih, mekar secara bertahap. Buahnya berbentuk kerucut, berwarna hijau kekuningan. Ada tiga jenis seledri, yaitu seledri daun, seledri potongan dan seledri berumbi. Yang sering digunakan untuk sayuran adalah seledri daun, bisa digunakan untuk lalapan atau dicampur dengan sayuran lain.


Tanaman Obat Seledri
Nama Daerah
Orang Jawa menyebutnya saladri, seledri, seleri, daun sop, Inggris: celery, China: han chin qincai, Itali: celcri, Jerman: parsley, selinon.

Klasifikasi
Berdasarkan sistem taksonomi, tanaman seledri dikenal dengan nama ilmiah Apium Graveolens L. famili Apiaceae. Adapun klasifikasinya adalah sebagai berikut:

Divisi: Spermatophyta
Subdivisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnolipsida
Ordo: Apiales
Famili: Apiaceae
Genus: Apium
Spesies: Apium Graveolens L.

Kandungan Senyawa Aktif
Dari hasil penelitian telah diketahui bahwa tanaman seledri memiliki kandungan senyawa aktif, yaitu: flanoid, saponin, tanin, minyak asiri, flavo-glukosida, apigenin, kolin, lipase, asparagine, zat pabit, vitamin A dan B, glutamin, lirosin, alkaloid.

Bagian yang Berkhasiat Obat Hipertensi
Daunnya.

0 komentar:

Posting Komentar