Home » , » 6 Tips Agar Bisa Tidur Nyenyak

6 Tips Agar Bisa Tidur Nyenyak

  1. Mandi air hangat sebelum tidur Temperatur tubuh yang normal memegang peranan dalam ritme tubuh sehari-hari. Suhu tubuh menurun saat tidur dan meningkat saat siang hari. Penurunan suhu tubuh akan menjadi pendorong rasa kantuk dan mandi air hangat dapat menciptakan suasana tersebut.
  2. Hindari Kafein Produk-produk kafein seperti kopi, teh, kola dan cokelat adalah stimulan. Mereka biasanya tersisa di tubuh Anda sekitar 3 hingga 5 jam namun Anda bisa merasakannya hingga 12 jam kemudian. Sangat disarankan untuk menghindari kafein 6 sampai 8 jam sebelum tidur.
  3. Jauhi Alkohol Segelas sav blanc saat makan malam mungkin sangat sulit ditolak, tapi terlalu banyak alkohol akan membuat Anda terjaga saat malam, belum lagi efek hangover di pagi hari. Alkohol akan menghambat aliran udara ke paru-paru dan mengurangi oksigen di dalam darah dan menyebabkan Anda mendengkur.
  4. 6 Tips Biar Bisa Tidur Nyenyak
    6 Tips Biar Bisa Tidur Nyenyak
  5. Pilih makanan yang tepat Makanan yang berbeda-beda akan berefek beda pula dengan tidur Anda. Makanan yang kaya karbohidrat menyebabkan reaksi kimia yang membuat Anda mengantuk. Karbohidrat melepaskan insulin, yang akhirnya meningkatkan level kimia tryptophan dalam otak. Kemudian, ia berubah menjadi serotonin yang mendorong rasa lelah dan kantuk. Sedangkan protein, bisa membuat Anda terjaga. Karena itu, tak ada salahnya mengonsumsi karbohidrat saat makan malam untuk membantu tidur.
  6. Rileks Ambil sebagian waktu untuk beristirahat. Membaca buku, meditasi atau fokus kepada nafas sangat penting. Menciptakan ruang tidur yang nyaman juga sebuah keharusan. Televisi, komputer dan radio adalah big no-no. Kamar Anda adalah untuk beristirahat, bukan entertainment center. Semprot ruangan dengan aroma botanical, nyalakan lilin aroma terapi. Rempah seperti lavender sangat membantu untuk menangkap rasa kantuk.
  7. Jadwalkan waktu tidur Anda (dan jangan pencet snooze button alarm saat paginya!) Menciptakan kebiasaan tidur dan bangun pada jam yang sama setiap hari membuat tubuh Anda membuat alarm sendiri dan memberikan keseimbangan pada saat tidur dan pada saat bangun. Beberapa ahli merekomendasikan Anda untuk tidur selama 7 hingga 9 jam setiap malam, namun yang lain mengatakan bahwa jumlah tidur yang Anda butuhkan secukupnya saja, yang penting tidak membuat Anda mengantuk saat siang hari.

0 komentar:

Posting Komentar