Home » , » Penyebab Kerontokan Bulu Mata

Penyebab Kerontokan Bulu Mata

Kerontokan atau penipisan bulu mata bisa menjadi mimpi buruk bagi wanita yang sadar akan pentingnya penampilan. Hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari tahu penyebab utamanya. Ini bisa dimulai dari menganalisa kebiasaan penggunaan produk kecantikan yang dipakai setiap hari, juga diet dan asupan makanan yang dikonsumsi.
Penyebab Kerontokan Bulu Mata
Penyebab Kerontokan Bulu Mata

  • Jika Anda memiliki kebiasaan sering berganti produk kosmetik untuk mata, seperti mascara, eyeliner atau eyeshadow, hal ini bisa memicu terjadinya reaksi alergi yang mengakibatkan kerontokan bulu mata. Demikian pula dengan produk kecantikan kulit seperti eye cream atau bedak wajah.
  • Pemakaian eyelash curler setiap hari, atau sering menggunakan mascara waterproof dalam jangka waktu lama, akan membuat helai bulu mata mudah rapuh. Malas membersihkan riasan wajah, dan terbiasa hanya menggosokkan scrub wajah pada helai bulu mata saat membersihkannya, juga bisa menyebabkan kerontokan. Sebaiknya gunakan eye make up remover untuk mengangkat sisa riasan pada bulu mata.
  • Asupan makanan dan diet yang salah dapat menyebabkan kerontokan, bukan hanya pada rambut kepala, tapi juga bulu mata. Hitung jumlah kalori dan protein yang terdapat dalam makanan agar nutrisi yang dibutuhkan tubuh seimbang. Jika Anda sedang dalam program diet, lakukan penurunan berat badan secara bertahap, dan hindari penurunan berat badan secara drastis.
  • Jika bulu mata tetap mengalami kerontokan walaupun semua hal yang disebutkan di atas bukan menjadi penyebab permasalahan, berarti waktunya berkonsultasi dengan dokter. Kemungkinan lainnya bisa disebabkan oleh gangguan pada kesehatan seperti tiroid, daya tahan tubuh maupun hormonal. Dan satu lagi yang tidak bisa dihindari yaitu pertambahan usia.

0 komentar:

Posting Komentar