Home » » Perawatan Rambut Rontok dengan Transplantasi

Perawatan Rambut Rontok dengan Transplantasi

Solusi permanen untuk kerontokan dan kebotakan melalui transplantasi rambut, yaitu menanamkan akar rambut ke kulit kepala melalui pembedahan. Teknologi dalam hal transplantasi rambut sudah mengalami perkembangan pesat. Dulu metode ini dikenal dengan istilah pencangkokan rambut, mendengar namanya saja sudah cukup membuat meringis. Karena pengerjaannya masih menggunakan 'teknologi primitif, menggunakan helai rambut yang kasar dan penanaman menyerupai pola garis lurus seperti penempelan rambut pada kepala boneka, sehingga hasilnya terlihat tambal sulam dan tidak membaur dengan rambut asli. Tapi kini teknik yang lebih modern disebut dengan hair replacement surgery atau microsurgery, memberi titik cerah bagi penderita kebotakan. Selama ditangani dan dikerjakan oleh tenaga ahli berkualitas dan memiliki reputasi terkenal, hasil akhir yang diperoleh pasien akan terlihat lebih sempurna dan membaur dengan rambut aslinya.
Perawatan Rambut Rontok dengan Transplantasi
Perawatan Rambut Rontok dengan Transplantasi
Prosedur ini diawali dengan konsultasi pasien dengan spesialis untuk melihat kondisi kerontokan dan kebotakan yang dialami pasien. Sekaligus membahas pelaksanaan penempatan dan perencanaan aplikasi rambut, juga tentang biaya. Tingkat kesulitannya terletak pada penempatan kembali helai rambut pada kulit kepala dengan menciptakan ilusi yang sangat natural. Banyak pertimbangan yang harus dilakukan pasien sebelum menentukan perawatan ini. Pembedahan transplantasi rambut dilakukan dengan cara memindahkan jaringan kulit (tissue) dari bagian belakang atau samping kepala. Rambut dibagian ini biasanya cukup kebal dari kerontokan. Pada pola kebotakan pria, hormon dihydrotestosterone (DHT) bertanggung jawab terhadap kerontokan, terutama dibagian depan dan puncak kepala. Sedangkan rambut yang tumbuh disamping dan belakang kepala resistan terhadap hormon DHT, berdasarkan fakta inilah jaringan kulit diambil, dipindah lokasikan untuk mengatasi kebotakan di sisi lain dari kepala.

Seluruh prosedural transplantasi rambut dilakukan menggunakan anastesi lokal, sebelum maupun sesudah memindahkan segaris jaringan folikel rambut sehat, lalu dijahitkan ke area yang mengalami kebotakan. Area tempat rambut ditanamkan, ditutup dengan jahitan yang tak terlihat, dan membaur dengan rambut asli disekitarnya. Setelah perawatan, pasien beristirahat sejenak dan diperbolehkan pulang tanpa perlu balutan perban di kepalanya Setelah 12-16 minggu, rambut yang ditanam akan mulai tumbuh sesuai siklus pertumbuhan rambut, sepanjang satu setengah sentimeter per bulan. Dalam 6 bulan, rambut akan tumbuh sepenuhnya.

Kelebihan dari Transplantasi Rambut
Walaupun butuh waktu untuk mendapatkan rambut indah, transplantasi rambut akan meningkatkan kepercayaan diri pasien secara instan. Dengan penampilan yang terlihat lebih muda. Dan bukan hanya bagi yang mengalami kerontokan rambut biasa, penderita dengan keluhan medis seperti alopecia juga bisa menjalani perawatan ini. Prosesnya bebas rasa sakit, pasien bisa langsung kembali beraktifitas satu hari setelahnya. Jika rambut telah tumbuh sempurna, maka akan memperoleh helai rambut baru yang lebat, permanen dan natural. Juga bisa di tata dan digunting seperti layaknya rambut normal.

0 komentar:

Posting Komentar